Posted on: September 6, 2021 Posted by: Allison Gilbert Comments: 0
Inilah 10 Produsen Mobil Terbesar di Dunia Bagian 1

Inilah 10 Produsen Mobil Terbesar di Dunia Bagian 1 – Sekilas tentang 10 pembuat mobil global terbesar hari ini mengungkapkan konglomerat asing yang terbentuk sebagai pembuat mobil yang terhubung bersama untuk berbagi teknologi dan biaya di sektor yang bergulat dengan terlalu banyak pabrik yang memproduksi terlalu banyak kendaraan.

Berikut adalah 10 pemain utama berdasarkan volume penjualan mereka di seluruh dunia pada tahun 2018, serta bagaimana mereka menghadapi iklim ekonomi saat ini di tahun 2019.

Grup Volkswagen – 10,8 juta

Termasuk dalam portofolio VW yang luas adalah Volkswagen, Audi, Porsche, Skoda, SEAT, Bentley, Bugatti dan Lamborghini, serta truk berat MAN dan Scania. Untuk mengatasi skandal diesel yang masih ada, VW telah mengembalikan kilau mereknya dengan berinvestasi pada model listrik baru yang menghiasi meja putar pameran mobil.

Namun, grup ini menghadapi tantangan di pasar China yang sangat penting akhir-akhir ini, di mana penjualan kendaraan penumpang diperkirakan turun 4 juta unit pada 2019, serta prospek yang lesu di Spanyol dan Inggris yang dilanda Brexit. Di sisi lain, pengiriman kendaraan VW Group telah meningkat di Brasil dan Rusia, dan utilitas sport berukuran Amerika Utara yang didesain ulang mendapatkan daya tarik di sini.

Toyota – 10,5 juta

Produsen mobil terbesar di Jepang ini memasarkan merek mobil Toyota, Lexus dan Daihatsu di seluruh dunia, selain lini truk Hino yang terus berkembang. Ini sering menantang VW Group untuk mahkota pembuat mobil terbesar dan kadang-kadang menang, terutama ketika kendaraan komersial dikeluarkan dari persamaan. Jangan salah, Toyota menyabet merek mobil terlaris di dunia dengan caranya sendiri.

Toyota adalah satu-satunya pabrikan dalam daftar ini yang penjualannya meningkat secara global sejauh ini pada 2019, jika hanya sedikit. Ini memiliki angka bagus yang keluar dari Cina dan Thailand, sementara menghadapi angin sakal di Indonesia dan Australia. Dalam laporan terbaru yang diberikan oleh DesRosiers Automotive Consultants, penjualan Toyota di Kanada telah berkembang sebesar 5,3 persen pada 2019 satu-satunya pabrikan besar, selain Hyundai, yang melihat pertumbuhan di tahun yang ternyata menjadi tahun yang penuh tantangan.

Aliansi Renault–Nissan–Mitsubishi – 10,3 juta

Renault Prancis dan Nissan Jepang menjadi mitra strategis pada 1999, menambahkan Mitsubishi pada 2016 untuk membentuk aliansi tiga arah yang mengendalikan 10 merek otomotif berbeda: Renault, Nissan, Mitsubishi, Infiniti, Samsung Motors, Dacia, Datsun, Alpine, Venucia, dan Lada. Mitsubishi menikmati penjualan yang meningkat, yang menambah kesuksesan aliansi. Bersama-sama, grup mobil baru ini menjual lebih dari 10 juta kendaraan pada tahun 2018, menjadikannya salah satu dari Tiga Besar pembuat mobil di planet ini.

Namun, aliansi tersebut mungkin melihat peruntungannya terbalik tahun ini dengan penurunan penjualan Nissan di AS, Jepang dan, yang terbaru, di Kanada. Secara signifikan, konglomerasi bahkan dapat terurai ketika Renault mencoba untuk menghidupkan kembali pembicaraan merger dengan Fiat Chrysler Automobiles (FCA) Italia. Dilaporkan, pernikahan senilai $35 miliar mungkin bergantung pada pemotongan saham produsen mobil Prancis di Nissan, prospek yang belum dimenangkan oleh pemerintah Prancis, yang memiliki saham di Renault.

General Motors – 8,7 juta

Secara historis, Detroit General Motors telah menjadi raksasa industri yang tak terbantahkan, sebagian berkat afiliasinya di Jerman (Opel), Inggris (Vauxhall), Australia (Holden), Swedia (Saab) dan Korea Selatan (Daewoo). Tetapi kebangkrutan dan bailout 2009 membuat GM menidurkan beberapa merek domestiknya, termasuk Pontiac, Saturn dan Hummer, dan, baru-baru ini, melepaskan diri dari Opel/Vauxhall, yang diserap oleh PSA Prancis pada 2017.

Saat ini GM memiliki Chevrolet, Buick, Cadillac dan GMC Truck dalam portofolio Amerika Utaranya, serta Holden di Australia. Itu bermitra dengan Ravon, Wuling, dan Baojun ketika bertaruh besar-besaran di pasar Cina – strategi yang bagus sampai semuanya mulai bergerak ke selatan di sana baru-baru ini. Kemarahan publik atas rencana General Motors untuk menutup pabrik perakitan bersejarah Oshawa mungkin menjadi faktor dalam perkiraan penurunan 12 persen penjualan GM di Kanada tahun ini.

Grup Motor Hyundai – 7,5 juta

Hyundai Motor Group menjadi pemain global utama ketika produsen mobil terbesar Korea Selatan, Hyundai, membeli saham pengendali di produsen terbesar kedua negara itu, Kia, selama krisis keuangan Asia pada tahun 1998. Pengambilalihan tersebut menghasilkan sinergi yang menguntungkan antara kedua pembuat mobil yang mengarah pada mereka berbagi drivetrains, platform dan teknologi terkait. Baru-baru ini penggabungan tersebut melahirkan merek mewah Genesis, yang telah memenangkan perhatian yang memang layak.

Grup Hyundai telah mengalami pertumbuhan yang cukup besar, diikuti oleh sakit gigi karena beberapa pabrik perakitan baru tidak memenuhi harapan. Tahun 2017 adalah titik gelap dalam hal penjualan globalnya, sebuah kemunduran yang sedang berusaha untuk diperbaiki. Penjualan Kanada telah menjadi titik terang sebagai perbandingan, naik sekitar 4 persen pada 2019. Sebaliknya, penjualan China mengecewakan. Hyundai bertaruh truk pikap barunya akan berkontribusi pada keuntungannya.

Ford – 5,7 juta

Beberapa orang mungkin terkejut melihat pembangkit tenaga listrik Amerika ini berada di peringkat terendah di antara pembuat mobil terbesar di dunia. Bagaimanapun, Henry Ford menetapkan standar industri dengan mengadopsi jalur perakitan dan praktik manajemen tenaga kerja yang efisien seabad yang lalu. Wisatawan melihat merek dagang oval biru menghiasi mobil dan truk di setiap negara di planet ini. Ford telah mencoba-coba akuisisi asing seperti Jaguar dan Land Rover di masa lalu, tetapi hari ini hanya dua merek: Ford dan Lincoln.

Ford telah menjadi sinonim dengan truk dan SUV di Amerika Utara, bahkan sampai mengumumkan akan membatasi produksi mobil di sini. Di tempat lain, Fiesta hatchback berukuran pint adalah salah satu mobil terlaris di dunia. Namun, penjualan Ford menurun secara signifikan tahun ini, terutama di pasar seperti China dan Inggris. Sebagai perbandingan, penjualan Kanada hanya turun sedikit selama paruh pertama tahun 2019.